LAPORAN PRAKTEK TUNE UP KIJANG 5K


SMK NEGERI 2 PATI
NO. DOK

TANGGAL
27 Oktober 2014
LAPORAN PRAKTEK TUNE UP
KIJANG 5K
1500 cc
TEKNIK OTOMOTIF
REVISI

HALAMAN

OTO.KR…Engine Tune Up Konvensional…                  Mapel : Motor Otomotif
 







A.    Tujuan
    Setelah melakukan ujian praktek Tune-Up kijang 5k, siswa dapat:
ü  Mengetahui cara Tune-Up
ü  Mengetahui bagin-bagian mana yang perlu disetel atau dicekpada saat mesin dingin.
ü  Mengetahui bagian bagian mana yang perlu disetel /dicek pada saat mesin hidup.
ü  Mengetahui bagian bagian mana yang perlu disetel atau dicek pada saat mesin setelah mesin panas

B.     Alat dan Bahan
Alat :
-Fender cover                                      -Kompresi tester
-Drive cover                                        -Hydrometer
-Sit cover                                             -Belt tension gauge
-Flour caver                                         -radiator tester
-Timing light                                       -Kunci ring lengkap
-Radiator cap tester                             -Kunci pas 1 set
-Spring scale                                        -Kunci momen
-Tune-up tester                                    -Filler gauge
-Multi tester                                        -Obeng – dan +

C.    Langkah Kerja
·         Persiapkan peralatan dan bahan sesuai dengan keperluan
·         Membuka kap mobil
·         Pasang fender cover, drive cover, sit cover dan fleur cover
·         Lakukan  Tune-Up
·         Tempatkan kembali peralatan dan bahan pada tempat yang disediakan
·         Lakukan Kebersihan peralatan dan tempat kerja

D.    Keselamatan kerja
·         Pergunakan alat sesuai dengan fungsinya
·         Hati-hati terhadap komponen yang mudah rusak
·         Jaga selalu kebersihan peralatan dan tempat kerja

E.     LANGKAH KERJA

·         PELUMASAN
         Tarik batang pengukur, lap ujungnya, dan kembali masukkan.
         Tarik kembali dan periksa volume oli (diantara Full dan Low)
Hasil :  oli masih dalam batas normal
Keterangan : Tidak usahmelakukan pengisian ulang

·         Serta kualitas oli dengan melihat warna dan kepekatan oli.
Lihat perubahan warna pada oli mesin

 Kualitas oli (warna oli)
  Putih : bercampur air
Hitam : sudah tidak layak pakai
Kaya minyak goreng : baik

Hasil : warnal oli hitam
Keterangan : oli harus di ganti

·         PENDINGINAN
         Periksa kualitas dan kapasitas air pendingin
Hasil :Kualitas jelek kapasitas   sesuai/cukup
Keterangan : Air pendingin harus di ganti

         Periksa volume tangki cadangan
Hasil : Kapasitas sudah full/cukup sesuai STD
Keterngan : Tidak perlu melakukan pengisian


         Tes kebocoran sistem pendingin (menggunakan radiator tester beri tekanan sampai
1,2 Kg/Cm2)


a.       periksa slang radiator
b.      periksa klem
c.       periksa kebocoran sirip-sirip
d.      periksa kran penguras
Hasil : Tidak ada kebocoran
Keterangan : Kondisi semua komponen masih layak pakai
         Pemeriksaan tutup radiator (menggunakan radiator cup tester beri tekanan 0,6 – 1,2 Kg/Cm2)
Hasil : Tutup radiator bocor
Keterangan : Harus di ganti

            Periksa tali kipas : secara visual periksa dari kemungkinan retak/aus

Hasil : Kondisi tali kipas retak dan aus
Keterangan : Tali kipas harus di ganti


·         BATERAI

1. Lepas pole baterai (terminal (-) terlebih dahulu.
2. Angkat baterai (posisikan tangan dibawah kotak baterai)
3. Periksa kotak, dari kemungkinan retak, menggelembung.
Hasil : Kotak baterai baik
Keterangan : Tidak
menggelembung.
4. Periksa volume elektrolit
Hasil : Sebagian Kurang
Keterangan ; Harus di tambahi


6. Periksa berat jenis elektrolit, dengan menggunakan hidrometer (kondisi baik bila pada skala diantara 1,25 - 1,27)
-        Hydrometer
Digunakan untuk mengukur kedalam cairan elektrolit yang terdapat didalam baterai, alat ini juga dilengkapi dengan ukuran yang sudah ditentukan SI agar kita dalam mengidentifikasi baterai mudah
Hasil :
            no 1 = 1,12
            no 2 = 1,12
            no 3 = 1,10
            no 4 = 1,10
            no 5 = 1,10
            no 6 = 1,10
Keteranagan ;  Sebagian harus di tambah karena belum sampai batas maksimum
7.      Mengukur tegangan baterai dengan avo meter

-        Avo Meter
Digunakan untuk mengukur arus listrik yang terdapat dalam baterai apakah masih ada arus atau sudah tidak ada arus listriknya
Untuk mengukur baterai pada posisi avo meter pada volt DC
Hasi : arus batrai 12 volt
Keterangan : Masih bisa di pakai...
8. Periksa kondisi dari pole/terminal
Hasil : Pole kotor dan lecet-lecet
Keterangan : Harus di bersihkan




·        SARINGAN BAHAN BAKAR

1. lepas filter bahan bakar
2. Perhatikan saluran masuk dan buangnya
3. Semprotkan udara bertekanan rendah
4. Urutan penyemprotan : saluran buang - saluran masuk, saluran masuk - saluran buang, saluran buang - saluran masuk.
5. Tiup ( dengan mulut ) dari saluran masuk dan buangnya. Apabila ringan : berarti bersih, apabila berat harus diganti.
Hasil : Filter bahan bakar dalam kondisi jelek
Keterangan : Harus di ganti

·        SARINGAN UDARA(Air filter)

1. Lepas klip
2. Periksa secara visual elemen saringan udara
3. Semprot elemen saringan udara dengan urutan : dari dalam - keluar, dari luar - ke dalam, dari dalam - keluar.
4. Lap rumah saringan udara.
5. Pasang, perhatikan tanda panah yang ada pada tutup rumah saringan
Hasil :saringan udara kurang baik
Keterangan : Harus di ganti karena elemen  sudah hitam dan tidak bisa di bersihkan



·         BUSI
Memeriksa kualitas busi
-        Warna busi Abu-Abu muda : dalam keadaan baik
Putih : tingkat panas terlalu rendah (over heating)
Hitam basah : minyak pelumas masuk keruang bakar
Hitam kering : pembakaran tidak sempurna
Hasil : Warana busi Hitam basah
-        Standar celah busi : 0,70-0,80 mm
Hasil ; No.1   0,70  mm            Kondisi
           No.2  0,70     mm           Kondisi
           No.3   0.80    mm           Kondisi
                 No.4   0,80   mm           Kondisi
Keterangan : Celah busi masih dalam kondisi baik

-        Standar tahanan kabel busi : < 25 KΩ
Hasil ;
Busi     No.1      (<     25   KΩ) 1 KΩ
           No.2     (<     25   KΩ) 1 KΩ
           No.3     (<     25   KΩ)1 KΩ
           No.4     (<     25   KΩ) 1 KΩ
 Kabel Coil                  (<     25   KΩ)2 KΩ
Keterangan: tahanan kabel busi dalam kondisi bagus

    






·                    COIL
          Ø   Memeriksa primary coil
Standar tahanan primary coil : 1,3 – 1,6 Ω . Mengukur tahanan primary coil pada posisi avometer pada 1x ohm. Kabel merah diarahkan ke negative coil
Hasil : Tahanan primer Coil                 (    1,5       Ω)
Keterangan : Tahanan primer Coil masih baik

    

          Ø   Memeriksa secondary coil

Standar tahanan secondary coil : 10,7-14,5 ohm. Mengukur tahanan secondary coil pada posisi avo meter pada 1x ohm. Kabel merah diarahkan keterminal positif coil dan kabel hitam di arahkan ke terminal tegangan tinggi coil.
Hasil : Tahanan Scunder Coil                (   12,3    KΩ)
Keterangan : Tahanan Scunder Coil masih baik

·         DISTRIBUTOR
          Ø   Pemeriksaan body distributor
·         Governor advancer yaitu untuk memajukan saat pengapian pada saat putaran mesin tinggi. Cara memeriksanya yaitu dengan memutar rotor searah jarum jam dan kemudian dilepas rotor akan kembali.

Hasil :
Governor advancer  baik

·         Vacum advancer yaitu untuk memajukan saat pengapian berdasarkan kevakuman intake manifold. Cara memeriksanya yaitu isaplah selang yang ke vakum advancer dan perhatikan dudukan platina maka kelihatan ada gerakan. Apabila tidak berarti ada kebocoran atau terjadi kemagnetan padaplat rumah platina.
                  Hasil : Vacum advancer baik

·         Oktan selector yaitu untuk memajukan pengapian berdasarkan nilai oktan bahan bakar. Cara memeriksanya yaitu putarlah oktan selekto r pada posisi standar 50 ( garis tebal berada segaris dengan rumah).
         Ø   Standar celah platina : 0,45 mm
Hasil : celah platina harus di setel





·         PEMERIKSAAN DWELL ANGLE
Yaitu suatu sudut antara platina mulai menutup dan sampai membuka. Untuk mesin 4 silinder CDA 520 ± 60 . pada saat melakukan tune-up periksalah CDAnya karena apabila CDA terlalu besar coil akan panas  dn kalau  terlalu kecil kemagnean primer coil akan kecil dan induksi sekunder juga kecil. Arahkan selector ke warna orange arah 4, kabel merah diarahkan keterminal negative coil, dan kabel hitam diarahkan ke massa
Hasil :Sudut Dwell Sudah 52 0






·         PENYETELAN PUTARAN IDLE (RPM)
Cara penyetelan putaran idle yaitu :
         Ø   Hidupkan mesin hingga temperature tinggi
         Ø   Putar baut penyetelan campuran ( rpm tinggi maksimal)
         Ø   Putar baut penyatelan putaran idling (idle speed adjusting screw ) hingga putaran idle tercapai.mesin type K putaran idle 750 Rpm. Arahkan selector ke warna hijau muda, kabel merah diarahkan keterminal negative coil, dan kabel hitam diarahkan ke maassa
Hasil : Setelah penyetelan putaran idle RPMnya 750.

·        PEMERIKSAAN SAAT PENGAPAIAN
Ø  Pada saaat pemeriksaan saat pengapian saringan udara ( air filter ) harus terpasang .
Ø  Apabila menggunakan vacuum ganda maka selang ke idle advancer dilepaskan dan di sumbat
Dengan menggunakan lampu timing periksalah saat pengapian sesuai standar mesin. Mesin  5K 50 Sebelum TMA. Kabel merah diarahkan ke terminal positif baterai , kabel hitam diarahkan ke terminal negative baterai, dan kabel yang satu dikaitkan bun nomer satu.
·         Prosedur penyetelan katup
Langkah-langkah penyetelan katup yaitu:
a)      Persiapkan alat dan bahan sesuai dengan keperluan
b)      Buka tutup kepala silinder dengan menggunakan kunci ring 16-17
c)      Atur tab (putaran poros engkol) pada posisi 00
d)     Atur katup menggunakan filler gauge, kunci 16-17, dan obeng (-) dan (+)
e)      EX : 0,30 mm       IN : 0,20 mm

Tabel penyetelan katup
TOP 1
Silinder
1
2
3
4
IN
V
V
0
0
EX
V
0
V
0


TOP 4
Silinder
1
2
3
4
IN
0
0
V
V
EX
0
V
0
V

Ket :
V : katup disetel
0 : katup tidak disetel















       
SMK NEGERI 2 PATI
NO. DOK

TANGGAL

JOB SHEET           TEKNIK OTOMOTIF
REVISI

HALAMAN

OTO.KR…Engine Tune Up Konvensional…                  Mapel : Motor Otomotif
 

   
                    Tujuan Praktek:
Setelah melakukan praktek siswa dapat :
a. Melakukan engine tune up sesuai dengan prosefur work shop manual
b. Menggunakan alat-alat tangan dengan benar
c. Menggunakan alat-alat ukur dengan benar
d. Menggunakan buku manual work shop dengan benar


                    Alat dan Bahan
        Alat :          1.                                                        b. Bahan : 1. Mobil
         Kunci Sok                                                             2.Kain Lap
         Kunci Pas                                                             3.Amplas        -
         Kunci Ring                                                           4. Air accu
         Kunci Momen                                                    5. Manual Work shop
         AVO Meter                                                        
         Hidrometer                                                        .
         Timing light   
         Feeler gauge                                    
        .Kunci Busi
        . Obeng + dan –
        . Kompresor/ air gun
        Feender Cover
        Lampu kerja
        Cam Dweel angel tester
         Spring scale
         Mistar baja
         Radiator cup tester
         Kunci T            
         Tang                                 -


                    Keselamatan Kerja
        Menggunakan pakaian kerja
        Menggunakan feender cover, seat cover, floor cover, steering cover
        Roda mobil di ganjal
                    Langkah Kerja Praktek
a. Membaca Job Sheet, lembar kerja(Report Sheet) dan buku manual
b.Mempersiapkan alat praktek , equipment dan alat-alat bantu praktek
c. Memasang feender cover, seat cover, steering cover dan floor cover
d. Mempersiapkan alat dan equipment sesuai pekerjaan dan  menempatkan    sesuai SOP yang benar
e. Memeriksa dan mengukur Battery
f. Memeriksa dan membersihkan system bahan-bakar
g. Memeriksa system pelumasan
h. Memeriksa  dan mengukur system Pendinginan
i.Memeriksa Kekencangan baut kepala silinder
j. Memeriksa dan mengukur system pengapian
k. Memeriksa dan menyetel katup
l. Memeriksa sirkulasi air pendingin
m. Menganalisa kondisi mesin:  memeriksa, mengukur dan menyetel dweel  angel, putaran mesin, campuran bahan-bakar dan ignation timing.
n. Membersihkan alat

o. Melepas fender cover, steering cover, floor cover, dan seat cover
p. Mengembalikan alat
q. Membersihkan ruang praktek dan mobil.



                    Tugas

 Membuat Lembar kerja (Report sheet ) Engin Tune up Konvensional
Dibuat Oleh
Disahkan Oleh
Djoko Suwarto,S.Pd

Drs. Dwi Indra Permana


 Sugiarto,S.Pd

Sunardi,S.Pd, M.Pd
Team Guru Motor Otomotif
Kepala Sekolah









 











    
        









                    Tujuan Praktek:
Setelah melakukan praktek siswa dapat :
a. Melakukan engine tune up sesuai dengan prosedur work shop manual
b. Menggunakan alat-alat tangan dengan benar
c. Menggunakan alat-alat ukur dengan benar
d. Menggunakan buku manual work shop dengan benar



                    Alat dan Bahan
        Alat :          1. sambunan panjang                                 b. Bahan : 1. Mobil
        2. Kunci Sok                                                                     2.  Baut platina                
        3. Kunci Pas                                                                     3. Kain Lap                          -
        4. Kunci Ring                                                                    4. Busi
        5. Kunci Momen                                                             5. Platina
        6. AVO Meter                                                                                  6. Kondensor
        7. Hidrometer                                                                   7. Amplas
        8. Timing light                                                                 8. Air accu
        9. Feeler gauge                                                               9. Manual Work shop
        10.Kunci Busi
        11. Obeng + dan –
        12. Kompresor/ air gun
        13.Feender Cover
        14.Lampu kerja
        15. Cam Dweel angel tester
        16. Spring scale
        17. Mistar baja
        18. Radiator cup tester
        19. Kunci T      
        20. Tang                                           -






















                    Keselamatan Kerja
A.    Pergunakan alat sesuai dengan fungsinya
B.     Hati-hati terhadap komponen yang mudah rusak
C.      Jaga selalu kebersihan peralatan dan tempat kerja


                    Data Hasil Praktek

Report Sheet
No
Item
Hasil Pemeriksaan
Bagus
Jelek
1.


Persiapan :
 Kendaraan
Pelindung kendaraan

Bagus
Bagus

…………
…………
2.
Persiapan
Pengecekan Tools & Equipment
Kalibrasi peralatan

Bagus

............
3.
Penempatan Tools & Equipment
Penanganan dan penempatan komponen
Bagus

4.
Lihat Buku Manual (Workshop Manual) yang tersedia:
Spesifikasi tahanan primer coil      1,3 – 1,6           Ω ohm
Baca wiring harness sistem pengapian yang berhubungan dengan Ignition Coil : a. .....................  b.......................
Tentukan letak dan besarnya  Fuse Engine :............Amp



5.

Oil Level
Kualitas Oli
Periksa celah (gap) Katup dan  Stel bila diperlukan :
Silinder 1  : In          20mm
                  Ex        30mm
Silinder 2 : In           20mm
                  Ex        30mm
Silinder 3 : In           20mm
                  Ex        30mm
Silinder 4 : In          20mm
                  Ex       30mm
Gambarkan Alur urutan  Pengencangan baut kepala silinder.




Bagus
...........

...........
...........
...........
............
...........
...........
...........
...........


Jelek

.........
........
.........
........
........
..........
..........

6.
Sistem Pengapian
a.  Celah Busi Silinder No.1   0,70  mm            Kondisi
                                    No.2  0,70     mm           Kondisi
                                    No.3   0.80    mm           Kondisi
                                    No.4   0,80   mm           Kondisi
 b. Tahanan Kabel  Busi     No.1      (<     25   KΩ) 1 KΩ
                                           No.2     (<     25   KΩ) 1 KΩ
                                           No.3     (<     25   KΩ)1 KΩ
                                           No.4     (<     25   KΩ) 1 KΩ
                     Kabel Coil                  (<     25   KΩ)2 KΩ
 c.   Tahanan primer Coil                 (    1,5       Ω)
     Tahanan Scunder Coil                (   12,3    KΩ)
d. Kondisi Distributor shaft
    Kondisi Rotor
    Kondisi Tutup Distributor
e. Celah Platina (Air gap) (Signal Generator)
f. Kondisi governor advancer
    kondisi vacuum advancer

Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
Bagus
...........
...........
Bagus
Bagus
Bagus
............
...........
...........




…………
…………
…………
…………
...........
...........
...........
...........
............
...........
...........
...........
...........
Bagus
...........
...........
...........
...........
...........
...........
............



7.
Baterai
Berat jenis       1,12 
Tegangan         12    Volt
Ketinggian air baterai
Kondisi terminal
Kondisi bodi

…………
Bagus
………….
………….
Bagus

Jelek
…………
Jelek
Jelek
………….
8.
Sistem Bahan Bakar
Saringan udara
Saringan Bahan Bakar dan pipa/selang aliran

…………
………….

Jelek
Jelek
9.
Sistem Pendingin
Tegangan fan belt
Tekanan/ kebocoran radiator, hose & water pump
Tekanan tutup radiator
Kondisi Reservoir (level air pendingin)

…………
…………
…………
Bagus

Jelek
Jelek
Jelek
…………
10.
Analisa kendaraan
Idling Speed                    _750-800______ rpm
Sudut dwell                       ____52______°
Penyetelan campuran bahan baker   ____Sudah____

Ignition timing          ___50 Sebelum TMA______ °
...........
...........
...........
Bagus
...........
Bagus
...........
...........
...........
...........
............
...........
...........
...........





                    Kesimpulan Hasil Praktek
a.Saya sudah melakukan tune-up konvensional sesuai jobsheet
b.Saya juga membaca buku manual untuk melihat spek
c.masih perlu latihan lagi untuk mencapai waktu tercepat


Dibuat Oleh
Diperiksa oleh:


(ANANG TEGUH DWIANTONO)

 NIS                  :10202
Team Guru Motor Otomotif
Hari – Tanggal :
Hari-Tanggal:


     




















Dibuat Oleh
Disahkan Oleh
Djoko Suwarto,S.Pd
_______________
Drs. Dwi Indra Permana


 Sugiarto,S.Pd

Sunardi,S.Pd, M.Pd
Team Guru Motor Otomotif
Kepala Sekolah


     










SMK NEGERI 2 PATI
NO. DOK

TANGGAL
27 Oktober 2014
LEMBAR  PENILAIAN
REVISI

HALAMAN

OTO.KR…     Engine Tune Up Konvensional            Mapel     : Motor Otomotif
Nama Siswa: Anang Teguh Dwiantono                                 Hari-Tgl  :27 Oktober 2014



       







                   Tujuan Praktek :
Setelah  praktek siswa dapat :
a. Melakukan engine tune up sesuai dengan prosedur work shop manual
b. Menggunakan alat-alat tangan dengan benar
c. Menggunakan alat-alat ukur dengan benar
d. Menggunakan buku manual work shop dengan benar

                   Alat dan Bahan :
        Alat :          1. Mobil                                            b. Bahan : 1. Bensin
        2. Kunci Sok                                                         2.  Baut platina                            
        3. Kunci Pas                                                         3. Kain Lap                      -
        4. Kunci Ring                                                        4. Busi
        5. Kunci Momen                                                5. Platina
        6. AVO Meter                                                                     6. Kondensor
        7. Hidrometer                                                                     7. Amplas
        8. Timing light                                                     8. Air accu
        9. Feeler gauge                                                  9. Manual Work shop
        10.Kunci Busi
        11. Obeng + dan –
        12. Kompresor/ air gun
        13.Feender Cover
        14.Lampu kerja
        15. Cam Dweel angel tester
        16. Spring scale
        17. Mistar baja
        18. Radiator cup tester
        19. Kunci T      
        20. Tang
        21. Sikat baja                                  -









                   Kriteria Penilaian


Unit Kompetensi
Kompeten
Keterangan
Sudah
Belum
1.
OTO.KR-01-016.01   Mengikuti Prosedur dan keselamatan kerja
1.1
Pengecekan semua instruksi
V


1.2
Penggunaan prosedur Tune Up
V


1.3
Kebersihan area Kerja

V

1.4
Penggunaan fender cover
V


1.5
Penggunaan seat cover
V


1.6
Penggunaan Steering wheel cover
V


1.7
Penggunaan floor matt

V

2.
OTO.KR-01.017.01   Persiapan Tools dan Equipment
2.1
Pengecekan semua peralatan (check awal)
V


2.2
Mengidentifikasi alat sesuai penggunaan
V


2.3
Test Peralatan dengan benar
V


2.4
Kalibrasi Peralatan sesuai prosedur
V


2.5
Penggunaan tool dengan benar
V


3




OTO.KR-01-019.01  Pelaksanaan Operasi Penanganan Secara Manual
3.1
Penanganan dan penempatan komponen
V


3.2
Penempatan Tools dan Equipment
V


4.
OTO.KR-01-009.01   Pembacaan & Pemahaman Gambar Teknis (wiring)
4.1
Pemahaman pembacaan wiring harness
V


4.2
Menentukan rangkaian system pengapian
V


4.3
Menentukan lokasi Fuse Engine
V


5.
OTO.KR-01-001.01   Pelaksanaan pemeliharaan/servis komponen
5.1
Pemeriksaan oli mesin
V


5.2
Penggunaan Workshop Manual
V


5.3
Pengecekan Celah Katup
V


5.4
Stel Katup sesuai dengan spesifikasi
V


5.5
Pengecekan Baut kepala silinder sesuai Torsi
V


6.
OTO.KR-05-011.01   Perbaikan sistem pengapian
6.1
Penggunaan Workshop Manual
V


6.2
Pengecekan kondisi busi dan celah busi
V


6.3
Pengecekan tahanan kabel busi
V


6.4
Pengecekan Kabel coil
V


6.5
Pengecekan tahanan primer dan skunder coil
V


6.6


6.6
Pengecekan distributor shaft
V


6.7
Pengecekan rotor dan  tutup distributor

V

6.8
Pengecekan dan Penyetelan celah platina
V


6.9
Pengecekan governor advance
V


6.10
Pengecekan vacuum advance
V




7.
OTO.KR-05-001.01   Pengujian, pemeliharaan/ servis dan penggantian Baterai
7.1
Penggunaan Workshop Manual
V


7.2
Pengecekan berat jenis
V


7.3
Pengecekan  tegangan
V


7.4
Pengecekan terminal, bodi (kotak)
V


7.5
Pengecekan jumlah air
V


8.
OTO.KR-02-014.01  Pemeliharaan/ servis Bahan Bakar
8.1
Penggunaan Workshop Manual
V


8.2
Prosedur pembersihan saringan udara
V


8.3
Prosedur pembersihan saringan Bahan Bakar
V


9.
OTO.KR-02.010.01   Pemeliharaan/servis system pendingin dan komponen-komponen


9.1
Penggunaan Workshop Manual
V


9.2
Pengecekan tegangan fan belt
V


9.3
Pengecekan Tekanan/ kebocoran radiator
V


9.4
Pengecekan tutup radiator dengan radiator cup tester
V


9.5
Pengecekan reservoir
V


10.
OTO.KR-01-010.01   Penggunaan dan pemeliharaan alat ukur
10.1
Penggunaan Workshop Manual
V


10.2
Pengecekan engine idle
V


10.3
Pengecekan sudut dwell
V


10.4
Pengecekan dan penyetelan ignition timing
V


11.
OTO.KR-01-018.01   Kontribusi komunikasi ditempat kerja
11.1
Memahami perintah kerja
V


11.2
Memahami  dan mengisi Report sheet
V






                    Kesimpulan Hasil Penilaian
        a.Saya sudah melakukan tune-up konvensional sesuai jobsheet
b.Saya juga membaca buku manual untuk melihat spek
c.masih perlu latihan lagi untuk mencapai waktu tercepat       

Dibuat Oleh
Disahkan Oleh
Djoko Suwarto,S.Pd
_______________
Drs. Dwi Indra Permana


 Sugiarto,S.Pd

Sunardi,S.Pd, M.Pd
Team Guru Motor Otomotif
Kepala Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar