|
I. Tujuan Praktek:
Setelah praktek siswa dapat :
a. Melakukan over houl engine
sesuai dengan prosedur work shop manual
b. Menggunakan
alat-alat tangan dengan benar
c. Menggunakan
alat-alat ukur dengan benar
d. Menggunakan
buku manual work shop dengan benar
e. Memeriksa dan
mengukur komponen-komponen engine dengan benar
II. Alat dan Bahan
a.
Alat : 1. Engine b.
Bahan : 1. Bensin
·
2. Kunci Sok 2.
Baut platina
·
3. Kunci Pas 3. Kain Lap -
·
4. Kunci Ring 4. Busi
·
5. Kunci Momen 5. Platina
·
6. AVO Meter 6. Kondensor
·
7. Feeler gauge 7. Amplas
·
8. Kunci busi 8. Oli mesin
·
9. Kunci T 9. Manual Work shop
·
10.Tang
·
11. Obeng + dan –
·
12. Kompresor/ air gun
·
13.Lampu kerja
·
14. Spring scale
·
15. Mistar baja
III. Keselamatan Kerja
a.
Menggunakan pakaian kerja
b.
Bekerja di meja kerja yang
bersih dan rata
c.
Menempatkan komponen-komponen engine sesuai urutan dan
diberi tanda supaya tidak kesulitan pada waktu memasang
IV.
. Langkah Kerja Praktek
|
I.
Persiapan
|
|
1.
Membaca semua instruksi / soal
|
|
2.
Memeriksa semua perlengkapan dan alat
|
|
3.
Penggunaan langkah kerja sesuai SOP
|
|
4.
Membersihkan peralatan dan tempat kerja
|
|
5.
Penggunaan alat ukur dengan benar
|
|
6.
Mengkalibrasi alat ukur
|
|
|
![]() |
II.
Menguras air pendingin
mesin
III.
Melepas kabel tegangan
tinggi dari busi
IV.
Melepas busi
V.
Melepas tabung busi
VI.
Melepas selang bahan
bakar dan selang vakum
VII.
Mengetap oli mesin
|





|
||||||
|
||||||
![]() |



|
|



Hasil:
Hasil Pengukuran Crank Journal
Crank Journal
|
Limit
|
Hasil
|
Ket
|
Depan
|
0,06 – 0,04
|
0,025
|
Baik
|
Samping
|
0,06 – 0,04
|
0,025
|
Baik
|
Hasil Pengukuran Crank Shaft
No.
|
Run Out
|
Limit
|
Hasil
|
Ket
|
1
|
Journal
utama
|
0,01
|
0,01
|
Baik
|
2
|
Journal 1
|
0,04
|
0,01
|
Baik
|
3
|
Journal 2
|
0,04
|
0,01
|
Baik
|
4
|
Journal 3
|
0,04
|
0,01
|
Baik
|
5
|
Journal
utama
|
0,01
|
0,02
|
Baik
|
Hasil pengukuran Crank Pin
No.
|
STD
|
Hasil
Pengukuran
|
Ket
|
1
|
41,976-42
|
41,9 - 41,8
= 0,1
|
Aus
|
2
|
41,976-42
|
41,85 - 41,8
= 0,05
|
Aus
|
3
|
41,976-42
|
41,85 - 41,7
= 0,15
|
Aus
|
4
|
41,976-42
|
41,8 – 41,8
= 0
|
Aus
|
|
V. Tujuan Praktek:
Setelah praktek siswa dapat :
a. Melakukan over houl engine
sesuai dengan prosedur work shop manual
b. Menggunakan
alat-alat tangan dengan benar
c. Menggunakan
alat-alat ukur dengan benar
d. Menggunakan
buku manual work shop dengan benar
e. Memeriksa dan
mengukur komponen-komponen engine dengan benar
VI. Alat dan Bahan
a.
Alat : 1. Engine b.
Bahan : 1. Bensin
·
2. Kunci Sok 2.
Baut platina
·
3. Kunci Pas 3. Kain Lap -
·
4. Kunci Ring 4. Busi
·
5. Kunci Momen 5. Platina
·
6. AVO Meter 6. Kondensor
·
7. Feeler gauge 7.
Amplas
·
8. Kunci busi 8. Oli mesin
·
9. Kunci T 9. Manual Work shop
·
10.Tang
·
11. Obeng + dan –
·
12. Kompresor/ air gun
·
13.Lampu kerja
·
14. Spring scale
·
15. Mistar baja
VII. Keselamatan Kerja
a.
Menggunakan pakaian kerja
b.
Bekerja di meja kerja yang
bersih dan rata
c.
Menempatkan komponen-komponen engine sesuai urutan dan
diberi tanda supaya tidak kesulitan pada waktu memasang.
VIII. Langkah Kerja Praktek
I
|
Persiapan
|
|
1.
Membaca semua instruksi / soal
|
|
2.
Memeriksa semua perlengkapan dan alat
|
|
3.
Penggunaan langkah kerja sesuai SOP
|
|
4.
Membersihkan peralatan dan tempat kerja
|
|
5.
Penggunaan alat ukur dengan benar
|
|
6.
Mengkalibrasi alat ukur
|
|
|
II
|
Over Houle Mesin
|
A.
|
Melepas Timing Chain Unit
|
|
1.
Melepas baut poros engkol dan puly
|
|
2.
Melepas karter / panci oli
|
|
3.
Melepas timing chain cover
|
|
4.
Melepas tensioner
|
|
5.
Melepas timing chain
|
|
6.
Melepas sproket poros engkol dan nok
|
|
7.
Melepas peredam rantai
|
|
|
B.
|
Melepas Kepala Silinder
|
|
1.
Melepas rocker arm cover
|
|
2.
Melepas baut kepala silinder dengan urutan yang benar
|
|
3.
Melepas kepala silinder
|
|
4.
Melepas gasket kepala silinder
|
|
|
C.
|
Melepas Piston
|
|
1.
Melepas Coneting rod cap
|
|
2.
Melepas piston
|
|
3.
Melepas ring piston
|
|
|
D.
|
Pengukuran dan Pemeriksaan
|
|
1.
Memeriksa keausan sproket poros nok
|
|
2.
Mengukur keausan sproket poros engkol
|
|
3.
Mengukur ketebalan kepala tensioner
|
|
4.
Mengukur ketebalan peredam/damper chain
|
|
|
E.
|
Pengukuran Diameter silinder dan piston
|
|
1.
Mengukur diameter luar piston no.1
|
|
2.
Mengukur diameter silinder no.1
|
|
3.
Mengukur/menghitung celah oli piston-silinder
|
|
4.
Mengukur/menghitung keausan silinder
|
|
5.
Mengukur side clearance ring piston
|
|
6.
Mengukur gap clearance ring piston
|
|
|
F.
|
Pengukuran Crankpin dan bearing (sil no.1)
|
|
1.
Mengukur diameter luar crank pin
|
|
2.
Mengukur diameter dalam bearing crank pin
|
|
3.
Mengukur/menghitung keovalan crank pin
|
|
4.
Mengukur/menghitung ketirusan crank pin
|
|
5.
Mengukur conecting rod end play
|
|
|
G.
|
Merakit Piston dan Conecting rod
|
|
1.
Merakit/memasang ring piston dengan benar
|
|
2.
Memasang piston dalam blok silinder
|
|
3.
Merakit conecting rod dan cap
|
|
4.
Melunasi komponen sebelum dipasang
|
|
|
H.
|
Merakit Kepala Silinder
|
|
1.
Memasang gasket kepala silinder
|
|
2.
Melumasi baut kepala silinder
|
|
3.
Memasang kepala silinder dan baut kepala dengan urutan yang benar
|
|
4.
Memasang tutup kepala silinder
|
|
|
I.
|
Merakit Timing Chain
|
|
1.
Memasang sproket dan timing chain
|
|
2.
Memasang tensioner
|
|
3.
Memasang peredam
|
|
4.
Memasang tutup timing chain
|
|
5.
Memasang baut poros engkol dan pully
|
|
6.
Memasang karter
|
|
|
III
|
Akhir Praktek Praktek
|
|
1.
Membersihkan alat-alat praktek
|
|
2.
Mengembalikan alat dan bahan praktek
|
|
3.
Membersihkan area kerja
|
|
4.
Membuat report sheet hasil prktek
|
I.
Data Hasil Praktek
Pemeriksaan dan
Pengukuran Komponen
Hasil pengukuran ketirusan dan keausan blok
silinder
Silinder
|
Keovalan
|
Ketirusan
|
O/T
|
|||||
X
|
Y
|
Hasil
|
atas
|
tengah
|
bawah
|
hasil
|
||
1
|
81,44
|
81,43
|
0,01
|
81,46
|
81,46
|
81,44
|
0,02
|
0,5
|
2
|
81,41
|
81,40
|
0,01
|
81,46
|
81,44
|
81,41
|
0,05
|
0,5
|
3
|
81,44
|
81,42
|
0,02
|
81,46
|
81,44
|
81,44
|
0,02
|
0,5
|
4
|
81,41
|
81,39
|
0,02
|
81,45
|
81,44
|
81,41
|
0,04
|
0,5
|
Hasil pengukuran Crank
Pin
No.
|
STD
|
Hasil Pengukuran
|
Ket
|
1
|
41,976-42
|
41,9 - 41,8 = 0,1
|
Aus
|
2
|
41,976-42
|
41,85 - 41,8 = 0,05
|
Aus
|
3
|
41,976-42
|
41,85 - 41,7 = 0,15
|
Aus
|
4
|
41,976-42
|
41,8 – 41,8 = 0
|
Aus
|
Hasil Pengukuran Celah
ujung ring piston
Piston
|
Ring Piston
1
|
Ring Piston
2
|
Ring Oli
|
|
||
1
|
0,36
|
0,40
|
0,29
|
Baik
|
||
2
|
0,38
|
0,37
|
0,21
|
Baik
|
||
3
|
0,36
|
0,37
|
0,28
|
Baik
|
||
4
|
0,36
|
0,39
|
0,23
|
Baik
|
Hasil Pengukuran Crank
Journal
Crank Journal
|
Limit
|
Hasil
|
Ket
|
Depan
|
0,06 – 0,04
|
0,025
|
Baik
|
Samping
|
0,06 – 0,04
|
0,025
|
Baik
|
Hasil Pengukuran Crank
Shaft
No.
|
Run Out
|
Limit
|
Hasil
|
Ket
|
1
|
Journal utama
|
0,01
|
0,01
|
Baik
|
2
|
Journal 1
|
0,04
|
0,01
|
Baik
|
3
|
Journal 2
|
0,04
|
0,01
|
Baik
|
4
|
Journal 3
|
0,04
|
0,01
|
Baik
|
5
|
Journal utama
|
0,01
|
0,02
|
Baik
|
Diameter Piston
Piston 1
|
81,30
|
Piston 2
|
81,30
|
Piston 3
|
81,30
|
Piston 4
|
81,30
|
Sproket Cam = 63 mm . Limit = 59 mm
. Kesimpulan = baik
Sproket Crank = 115,4 mm . Limit =
114 mm . Kesimpulan = baik
Tensioner = 12 mm . Std = 12,9 mm .
Kesimpulan = baik
Peredam = 3,8 mm . Std = 4 mm .
Kesimpulan = jelek
II. Kesimpulan Hasil
Praktek
a.Jika ada komponen yang sudah tidak sesuai spek
harus diperbaiki / diganti
b.Tujuan praktek belum tercapai maksimal
c.Perlu latihan lagi
|
Dibuat
Oleh
|
Disahkan
Oleh
|
Djoko Suwarto,S.Pd
______________________________
Drs. Dwi Indra Permana
|
|
Sugiarto,S.Pd
|
Drs. Edy
Sudaryanto, M.Pd
|
Team Guru
Motor Otomotif
|
Kepala
Sekolah
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar