LAPORAN PRAKTEK TUNE UP OH Engine ANANG TEGUH DWIANTON



SMK NEGERI 2 PATI
NO. DOK

TANGGAL

LAPORAN PRATEK
Over houl Engine
REVISI

HALAMAN

OTO.KR…                                                                       Mapel : Motor Otomotif
Over houl Engine






















   

 
 








I.       Tujuan Praktek:
Setelah  praktek siswa dapat :
a. Melakukan over houl engine sesuai dengan prosedur work shop manual
b. Menggunakan alat-alat tangan dengan benar
c. Menggunakan alat-alat ukur dengan benar
d. Menggunakan buku manual work shop dengan benar
e. Memeriksa dan mengukur komponen-komponen engine dengan benar


II.    Alat dan Bahan
a.       Alat :   1. Engine                                 b. Bahan : 1. Bensin
·         2. Kunci Sok                                         2.  Baut platina                  
·         3. Kunci Pas                                          3. Kain Lap                        -
·         4. Kunci Ring                                                    4. Busi
·         5. Kunci Momen                                   5. Platina
·         6. AVO Meter                                                   6. Kondensor
·         7. Feeler gauge                                      7. Amplas
·         8. Kunci busi                                                     8. Oli mesin
·         9. Kunci T                                             9. Manual Work shop
·         10.Tang
·         11. Obeng + dan –
·         12. Kompresor/ air gun
·         13.Lampu kerja
·         14. Spring scale
·         15. Mistar baja


III.       Keselamatan Kerja
a.       Menggunakan pakaian kerja
b.      Bekerja di meja kerja yang bersih dan rata
c.       Menempatkan  komponen-komponen engine sesuai urutan dan diberi tanda supaya tidak kesulitan pada waktu memasang

IV.             . Langkah Kerja Praktek


I.        Persiapan

1. Membaca semua instruksi / soal

2. Memeriksa semua perlengkapan dan alat

3. Penggunaan langkah kerja sesuai SOP

4. Membersihkan peralatan dan tempat kerja

5. Penggunaan alat ukur dengan benar

6. Mengkalibrasi alat ukur


II.        Menguras air pendingin mesin
III.        Melepas kabel tegangan tinggi dari busi
IV.        Melepas busi
V.        Melepas tabung busi
VI.        Melepas selang bahan bakar dan selang vakum
VII.        Mengetap oli mesin
















 












Hasil : Panjang rantai timing = 274,2mm
Keterangan : Memuai
 



Hasil : Poros engkol : 58mm
            Poros kam  : 114mm

Keterangan : Poros engkol aus
            Poros kam  dalam kondisi baik

 



Hasil : Ada bagian yang tergores
 
 




Piston  Ring Piston 1  Ring Piston 2  Ring Oli          Ket
1                      0,30                 0,40                 0,25     Baik
2                      0,30                 0,35                 0,20     Baik
3                      0,30                 0,35                 0,20     Baik
4                      0,35                 0,30                 0,23     Baik
 

 
 



Hasil:

Hasil Pengukuran Crank Journal
Crank Journal
Limit
Hasil
Ket
Depan
0,06 – 0,04
0,025
Baik
Samping
0,06 – 0,04
0,025
Baik
Hasil Pengukuran Crank Shaft
No.
Run Out
Limit
Hasil
Ket
1
Journal utama
0,01
0,01
Baik
2
Journal 1
0,04
0,01
Baik
3
Journal 2
0,04
0,01
Baik
4
Journal 3
0,04
0,01
Baik
5
Journal utama
0,01
0,02
Baik
Hasil pengukuran Crank Pin
No.
STD
Hasil Pengukuran
Ket
1
41,976-42
41,9 - 41,8 = 0,1
Aus
2
41,976-42
41,85 - 41,8 = 0,05
Aus
3
41,976-42
41,85 - 41,7 = 0,15
Aus
4
41,976-42
41,8 – 41,8 = 0
Aus



SMK NEGERI 2 PATI
NO. DOK

TANGGAL

JOB SHEET
TEKNIK OTOMOTIF
REVISI

HALAMAN

OTO.KR…                                                                       Mapel : Motor Otomotif
Over houl Engine
   

 
 


      







V.    Tujuan Praktek:
Setelah  praktek siswa dapat :
a. Melakukan over houl engine sesuai dengan prosedur work shop manual
b. Menggunakan alat-alat tangan dengan benar
c. Menggunakan alat-alat ukur dengan benar
d. Menggunakan buku manual work shop dengan benar
e. Memeriksa dan mengukur komponen-komponen engine dengan benar


VI. Alat dan Bahan
a.       Alat :   1. Engine                                 b. Bahan : 1. Bensin
·         2. Kunci Sok                                         2.  Baut platina                  
·         3. Kunci Pas                                          3. Kain Lap                        -
·         4. Kunci Ring                                                    4. Busi
·         5. Kunci Momen                                   5. Platina
·         6. AVO Meter                                                   6. Kondensor
·         7. Feeler gauge                                      7. Amplas
·         8. Kunci busi                                                     8. Oli mesin
·         9. Kunci T                                             9. Manual Work shop
·         10.Tang
·         11. Obeng + dan –
·         12. Kompresor/ air gun
·         13.Lampu kerja
·         14. Spring scale
·         15. Mistar baja


VII.    Keselamatan Kerja
a.       Menggunakan pakaian kerja
b.      Bekerja di meja kerja yang bersih dan rata
c.       Menempatkan  komponen-komponen engine sesuai urutan dan diberi tanda supaya tidak kesulitan pada waktu memasang.




VIII.       Langkah Kerja Praktek

I
Persiapan

1. Membaca semua instruksi / soal

2. Memeriksa semua perlengkapan dan alat

3. Penggunaan langkah kerja sesuai SOP

4. Membersihkan peralatan dan tempat kerja

5. Penggunaan alat ukur dengan benar

6. Mengkalibrasi alat ukur


II
Over Houle Mesin
A.
Melepas Timing Chain Unit

1. Melepas baut poros engkol dan puly

2. Melepas karter / panci oli

3. Melepas timing chain cover

4. Melepas tensioner

5. Melepas timing chain

6. Melepas sproket poros engkol dan nok

7. Melepas peredam rantai


B.
Melepas Kepala Silinder

1. Melepas rocker arm cover

2. Melepas baut kepala silinder dengan urutan yang benar

3. Melepas kepala silinder

4. Melepas gasket kepala silinder


C.
Melepas Piston

1. Melepas Coneting rod cap

2. Melepas piston

3. Melepas ring piston


D.
Pengukuran dan Pemeriksaan

1. Memeriksa keausan sproket poros nok

2. Mengukur keausan sproket poros engkol

3. Mengukur ketebalan kepala tensioner

4. Mengukur ketebalan peredam/damper chain


E.
Pengukuran Diameter silinder dan piston

1. Mengukur diameter luar piston no.1

2. Mengukur diameter silinder no.1

3. Mengukur/menghitung celah oli piston-silinder

4. Mengukur/menghitung keausan silinder

5. Mengukur side clearance ring piston

6. Mengukur gap clearance ring piston


F.
Pengukuran Crankpin dan bearing (sil no.1)

1. Mengukur diameter luar crank pin

2. Mengukur diameter dalam bearing crank pin

3. Mengukur/menghitung keovalan crank pin

4. Mengukur/menghitung ketirusan crank pin

5. Mengukur conecting rod end play


G.
Merakit Piston dan Conecting rod

1. Merakit/memasang ring piston dengan benar

2. Memasang piston dalam blok silinder

3. Merakit conecting rod dan cap

4. Melunasi komponen sebelum dipasang


H.
Merakit Kepala Silinder

1. Memasang gasket kepala silinder

2. Melumasi baut kepala silinder

3. Memasang kepala silinder dan baut kepala dengan urutan yang benar

4. Memasang tutup kepala silinder


I.
Merakit Timing Chain

1. Memasang sproket dan timing chain

2. Memasang tensioner

3. Memasang peredam

4. Memasang tutup timing chain

5. Memasang baut poros engkol dan pully

6. Memasang karter


III
Akhir Praktek Praktek

1. Membersihkan alat-alat praktek

2. Mengembalikan alat dan bahan praktek

3. Membersihkan area kerja

4. Membuat report sheet hasil prktek


 
I.                   Data Hasil Praktek
 Pemeriksaan dan Pengukuran Komponen
 Hasil pengukuran ketirusan dan keausan blok silinder
Silinder
Keovalan
Ketirusan
O/T
X
Y
Hasil
atas
tengah
bawah
hasil
1
81,44
81,43
0,01
81,46
81,46
81,44
0,02
0,5
2
81,41
81,40
0,01
81,46
81,44
81,41
0,05
0,5
3
81,44
81,42
0,02
81,46
81,44
81,44
0,02
0,5
4
81,41
81,39
0,02
81,45
81,44
81,41
0,04
0,5





Hasil pengukuran Crank Pin
No.
STD
Hasil Pengukuran
Ket
1
41,976-42
41,9 - 41,8 = 0,1
Aus
2
41,976-42
41,85 - 41,8 = 0,05
Aus
3
41,976-42
41,85 - 41,7 = 0,15
Aus
4
41,976-42
41,8 – 41,8 = 0
Aus
Hasil Pengukuran Celah ujung ring piston
Piston
Ring Piston 1
Ring Piston 2
Ring Oli
STD :
 Ring piston 1 = 0,23-0,52
Ring Piston 2 = 0,20-0,44
Ring Oli  = 0,10-0,70
 
Ket
1
0,36
0,40
0,29
Baik
2
0,38
0,37
0,21
Baik
3
0,36
0,37
0,28
Baik
4
0,36
0,39
0,23
Baik
Hasil Pengukuran Crank Journal
Crank Journal
Limit
Hasil
Ket
Depan
0,06 – 0,04
0,025
Baik
Samping
0,06 – 0,04
0,025
Baik
Hasil Pengukuran Crank Shaft
No.
Run Out
Limit
Hasil
Ket
1
Journal utama
0,01
0,01
Baik
2
Journal 1
0,04
0,01
Baik
3
Journal 2
0,04
0,01
Baik
4
Journal 3
0,04
0,01
Baik
5
Journal utama
0,01
0,02
Baik
Diameter Piston
Piston 1
81,30
Piston 2
81,30
Piston 3
81,30
Piston 4
81,30





Sproket Cam = 63 mm . Limit = 59 mm . Kesimpulan = baik
Sproket Crank = 115,4 mm . Limit = 114 mm . Kesimpulan = baik
Tensioner = 12 mm . Std = 12,9 mm . Kesimpulan = baik
Peredam = 3,8 mm . Std = 4 mm . Kesimpulan = jelek

II. Kesimpulan Hasil Praktek
a.Jika ada komponen yang sudah tidak sesuai spek harus diperbaiki / diganti
b.Tujuan praktek belum tercapai maksimal
c.Perlu latihan lagi


Dibuat Oleh
Diperiksa oleh:


Anang Teguh Dwiantono

 NIS                  : 10202
Team Guru Motor Otomotif
Hari – Tanggal : Jum’at,7 November 2014
Hari-Tanggal:

 
 








Dibuat Oleh
Disahkan Oleh
Djoko Suwarto,S.Pd
______________________________
Drs. Dwi Indra Permana


 Sugiarto,S.Pd
Drs. Edy Sudaryanto, M.Pd
Team Guru Motor Otomotif
Kepala Sekolah



     











 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar