LAPORAN PRATEK TUNE UP EFI





SMK NEGERI 2 PATI
NO. DOK

TANGGAL

LEMBAR KERJA SISWA (REPORT SHEET)
REVISI

HALAMAN

OTO.KR. 20. A Melakukan Engine Tune Up                  Mapel : Motor Otomotif
Kompetensi Dasar: Engine Tune Up EFI                          Waktu: 8 x 45 Menit


 
        









I.                   Tujuan Praktek:
Setelah melakukan praktek siswa dapat :
a. Melakukan engine tune up EFI sesuai dengan prosedur work shop manual
b. Menggunakan alat-alat tangan dengan benar
c. Menggunakan alat-alat ukur dengan benar
d. Menggunakan buku manual work shop dengan benar



II.                Alat dan Bahan
  1. A.Alat                      1. Engine Stand ( OBD 1 dan OBD 2) Bahan : 1. Bensin
   2. Kunci Sok                                                       2. Kain lap
3. Kunci Pas                                                        3. Busi           
4. Kunci Ring                                                      4. Amplas
5. Kunci Momen                                                 5. Air Accu
6. AVO Meter                                                    6. Manual                     Workshop
7. Hidrometer                                                     7. Kabel
8. Scaner                                        
9. Feeler gauge                               
10.Kunci Busi
11. Obeng + dan –
12. Kompresor/ air gun
13.Feender Cover
14.Lampu kerja
15. Engine Analiser
16. Spring scale
17. Mistar baja
18. Radiator cup tester
19. Kunci T       
20. Tang




III.             Keselamatan Kerja
                                                              i.      Menggunakan pakaian kerja
                                                            ii.      Menggunakan feender cover, seat cover, floor cover, steering cover
                                                          iii.      Roda mobil di ganjal
                                                          iv.      Menggunakan manual work shop
IV.             Langkah Kerja Praktek
a. Membaca Job Sheet, lembar kerja(Report Sheet) dan buku manual
b.Mempersiapkan alat praktek , equipment dan alat-alat bantu praktek
c. Memasang feender cover, seat cover, steering cover dan floor cover
d. Mempersiapkan alat dan equipment sesuai pekerjaan dan  menempatkan    sesuai SOP yang benar
e. Memeriksa dan mengukur Battery
f. Memeriksa dan membersihkan system bahan-bakar
g. Memeriksa system pelumasan
h. Memeriksa  dan mengukur system Pendinginan
i.Memeriksa Kekencangan baut kepala silinder
j. Memeriksa dan mengukur system pengapian
k. Memeriksa dan menyetel katup
l. Memeriksa sirkulasi air pendingin
m. Menganalisa kondisi mesin:  memeriksa, mengukur system EFI dengan AVO, menggunakan system jamper(Konvensional dan Scaner
n. Membersihkan alat

o. Melepas fender cover, steering cover, floor cover, dan seat cover
p. Mengembalikan alat
q. Membersihkan ruang praktek dan mobil.


















V.                Data Hasil Praktek :  Engine Stand OBD 1


No

Item

Hasil Pemeriksaan

Bagus

Jelek


1.


 

Persiapan :

Check Alat dan kalibrasi
Pasang pelindung kendaraan



V
V


…………
………..

2

Spesifikasi tahanan injektor sesuai workshop manual      ............................... ohm
Baca wiring sistem bahan bakar
Yang berhubungan dengan opening relay :
  1. Efi
  2. Pump
  3. Starter
  4. Fan
Tentukan letak EFI main relay : V

V
V


…………..
…………..
……………
…………..…………..
…………..


3

Note : Setiap pekerjaan pengukuran gunakan dengan prosedur yang benar


V


4.

Oil Level
Kualitas Oli
Check moment pengencangan baut kepala silinder dan urutannya
.......................................................................................

V
V
X

…………
………..…………
…………
5.
Baterai
Berat jenis    12,1
Tegangan    12,2 Volt
Ketingian air baterai
Kondisi terminal
Kondisi bodi

V
V
V
V
V

…………
…………
………………………………
6.
Celah Busi Silinder    No.1   1,6  mm            Kondisi  = baik
                                  No.2     1,1 mm           Kondisi  = baik
                                  No.3     1,6 mm           Kondisi  = baik
                                  No.4     1,6 mm           Kondisi  = baik
Tahanan coil
                    Primer .............     Skunder ...................
Kabel busi
Silinder No.1   25 K ohm
           No.2   25 K ohm
           No.3  25 K ohm
           No.4  25 K ohm
V
V
V
V

…………

……………………
……………………
…………

…………..
…………..
……………
…………..


…………


…………
……………………
……………………


7.

Membersihkan Saringan Bahan bakar

Membersihkan saringan udara
Tekanan fuel rail : …………
X
V
………….
………….
…………
8.
Sistem Pendingin
Tegangan fan belt
Tekanan/ kebocoran radiator
Kondisi Reservoir (level air pendingin)
V
V
V
V
…………
…………
…………
…………

9.
























Pengetesan dengan multitester
  EFI main relay ..............................
Throttle position sensor 5 ohm
  NE sensor 5 ohm
  Injector : 13/13/13/13 ohm
Water temperature sensor 5 ohm
Intake air temperature sensor 5 ohm

Mencari gangguan dengan menggunakan jumper

  Tentukan terminal yang akan di jumper  E1 dan TE1

Menentukan problem yang terjadi     
Memperbaiki problem yang terjadi
Menghapur memori problem

Menggunakan scan tool
Memasang konektor scan tool
Membaca problem (trouble code ) …………………………
Membaca current data :
   Water temperature sensor = baik
   Intake temperature sensor = baik
Membaca signal osciloscop
Injektor signal :  ……………..
Hasil Current Data :
  • Cooient temperatur = 770C
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzLIdFQQFvuFbyDSGyWnTNJcbrmLaYt68cjvkDmbNuf_yVZmIQs9AtTLX3ZV1Ok2sF0d9D0oGCDMprxoVIvTQEn-cbaMDrFhaTJfvkiuoCYIjD9lNqPDEEyoP8Bx4sZ11EFXVwPRVRems/s200/iate.jpg
  • Intake map            =33 kpA
  • Engine Speed         =743,04
  • Vehie Speed Sensor=0km/h
  • IAT Sensor         =360C
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj7_S5c2XD055HroPT95SmmS0qZrliYI-C9fbk2sNF719wXmnpgpL216aZyvSloIBJeDaFYBT2CnVt6y9-FQCx7-jban60IR7nB_odc6PzfMnp7WiHF2_EfxXLgpTCGrvccd5oCfXspMA8/s320/ecteee.jpg



  • Abso lute trotle P=0 0/0


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixyqc1xLwpvTMwTEl7FET3n6BgLYxKw91QNRxo-6xjalGLA9_Cnr56imrTFwYzR3P7imjM86baBv4HsF4Yrbj1KCYWYubuvTeMLNrnAljTuGrC8x-pfX6tXjs73fuj898ZBkFLHgRsTAo/s200/tpse.jpg

  • Oe Sensor Volt    =0,01 v
  • Short/fuel           =-93.73
  • Batteray voltage  =13,27
  • Electrik lood        =OFF
  • AC                     =OFF
  • Idle switch          =ON
  • Injection time      =2,81 m/s
  • ISC                    =15,59 %
  • Cam angle – actual= 00
  • Cam angle –target =00
    Hasil Current data bas Analiyzer
  • Rem                   =0,00
  • CO                     =0,0
  • CO2                              =15,8
  • NOX                             =1,071
  • O2                                 =1,91
  • Lamda                =1,084
  • HC                     =0,12

V
V
V
V
V
V
V




V
V
V


V
V
V
V
V
V
V
V

V




V
V
V
V




V











V
V




V











V
V
V
V
V
V

V
V
V
V
V
V
V

…………
………..
………...
…………
………..
………..
………..
10.

Exhaust Emission Test


Idling Speed

CO  reading                ________________ %

CO2  reading              ________________ %

O2  reading                ________________ %

HC  reading                ________________ ppm


X

X
X

X
X

X



VI.             Kesimpulan Hasil Praktek
a. Diperlukan ketelitian dalam melakukan setiap pekerjaan
b.Sangat penting menguasai dan memahami rangkaian
c.Masih perlu latihan lagi



Dibuat Oleh
Diperiksa oleh:


Anang Teguh dwiantono

 NIS                  : 10202
Team Guru Motor Otomotif
Hari – Tanggal : Jum’at,7 November 2014
Hari-Tanggal:

 
 
     



















Dibuat Oleh
Disahkan Oleh
Djoko Suwarto,S.Pd
______________________________
Drs.Dwi Indra Permana

 Sugiarto,S.Pd
Sunardi,S.Pd, M.Pd
Team Guru Motor Otomotif
Kepala Sekolah

 
 
     















      

1 komentar: