|
I.
Tujuan Praktek:
Setelah
melakukan praktek siswa dapat :
a. Melakukan engine tune up EFI
sesuai dengan prosedur work shop manual
b. Menggunakan
alat-alat tangan dengan benar
c. Menggunakan
alat-alat ukur dengan benar
d. Menggunakan
buku manual work shop dengan benar
II.
Alat dan Bahan
- A.Alat 1. Engine Stand ( OBD 1 dan OBD 2) Bahan : 1. Bensin
2. Kunci
Sok 2. Kain lap
3. Kunci Pas 3. Busi
4. Kunci Ring 4. Amplas
5. Kunci Momen 5. Air Accu
6. AVO Meter 6. Manual Workshop
7. Hidrometer 7. Kabel
8. Scaner
9. Feeler gauge
10.Kunci Busi
11. Obeng + dan
–
12. Kompresor/
air gun
13.Feender
Cover
14.Lampu kerja
15. Engine
Analiser
16. Spring
scale
17. Mistar baja
18. Radiator
cup tester
19. Kunci T
20. Tang
III.
Keselamatan Kerja
i.
Menggunakan pakaian kerja
ii.
Menggunakan feender cover, seat
cover, floor cover, steering cover
iii.
Roda mobil di ganjal
iv.
Menggunakan manual work shop
IV.
Langkah Kerja Praktek
a. Membaca Job
Sheet, lembar kerja(Report Sheet) dan buku manual
b.Mempersiapkan alat praktek , equipment dan alat-alat bantu praktek
c. Memasang
feender cover, seat cover, steering cover dan floor cover
d. Mempersiapkan alat dan equipment
sesuai pekerjaan dan menempatkan sesuai SOP yang benar
e. Memeriksa dan
mengukur Battery
f. Memeriksa dan
membersihkan system bahan-bakar
g. Memeriksa
system pelumasan
h.
Memeriksa dan mengukur system
Pendinginan
i.Memeriksa
Kekencangan baut kepala silinder
j. Memeriksa dan
mengukur system pengapian
k. Memeriksa dan
menyetel katup
l. Memeriksa
sirkulasi air pendingin
m. Menganalisa kondisi mesin: memeriksa, mengukur system EFI dengan AVO,
menggunakan system jamper(Konvensional dan Scaner
n. Membersihkan alat
o. Melepas fender cover, steering cover, floor cover, dan seat cover
p. Mengembalikan alat
q. Membersihkan ruang praktek dan mobil.
V.
Data Hasil Praktek : Engine
Stand OBD 1
No
|
Item |
Hasil Pemeriksaan
|
|
Bagus |
Jelek |
||
1.
|
Persiapan :
Check Alat dan
kalibrasi
Pasang
pelindung kendaraan
|
V
V
|
…………
………..
|
2
|
Spesifikasi
tahanan injektor sesuai workshop manual
............................... ohm
Baca wiring
sistem bahan bakar
Yang
berhubungan dengan opening relay :
Tentukan
letak EFI main relay : V
|
V
V
|
…………..
…………..
……………
…………..…………..
…………..
|
3
|
Note : Setiap
pekerjaan pengukuran gunakan dengan prosedur yang benar
|
V
|
|
4.
|
Oil Level
Kualitas Oli
Check moment
pengencangan baut kepala silinder dan urutannya
.......................................................................................
|
V
V
X
|
…………
………..…………
…………
|
5.
|
Baterai
Berat jenis 12,1
Tegangan
12,2 Volt
Ketingian air baterai
Kondisi terminal
Kondisi bodi
|
V
V
V
V
V
|
…………
…………
………………………………
|
6.
|
Celah
Busi Silinder No.1 1,6 mm Kondisi = baik
No.2 1,1 mm Kondisi = baik
No.3 1,6 mm Kondisi = baik
No.4 1,6 mm Kondisi = baik
Tahanan
coil
Primer ............. Skunder
...................
Kabel
busi
Silinder No.1 25 K ohm
No.2 25 K ohm
No.3 25 K ohm
No.4 25 K ohm
|
V
V
V
V
…………
……………………
……………………
…………
|
…………..
…………..
……………
…………..
…………
…………
……………………
……………………
|
7.
|
Membersihkan Saringan Bahan bakar
Membersihkan saringan udara
Tekanan fuel rail : …………
|
X
V
|
………….
………….
…………
|
8.
|
Sistem Pendingin
Tegangan fan belt
Tekanan/ kebocoran radiator
Kondisi Reservoir (level air pendingin)
|
V
V
V
V
|
…………
…………
…………
…………
|
9.
|
Pengetesan dengan multitester
EFI main relay ..............................
Throttle
position sensor 5 ohm
NE sensor 5 ohm
Injector : 13/13/13/13 ohm
Water
temperature sensor 5 ohm
Intake
air temperature sensor 5 ohm
Mencari gangguan dengan menggunakan jumper
Tentukan terminal yang akan di jumper E1 dan TE1
Menentukan problem yang terjadi
Memperbaiki problem yang terjadi
Menghapur memori problem
Menggunakan
scan tool
Memasang
konektor scan tool
Membaca
problem (trouble code ) …………………………
Membaca
current data :
Water temperature sensor = baik
Intake temperature sensor = baik
Membaca
signal osciloscop
Injektor
signal : ……………..
Hasil Current Data :
|
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
|
…………
………..
………...
…………
………..
………..
………..
|
10.
|
Exhaust Emission TestIdling SpeedCO reading ________________ %CO2 reading ________________ %O2 reading ________________ %HC reading ________________ ppm |
X
X
X
X
X
X
|
|
VI.
Kesimpulan Hasil Praktek
a. Diperlukan ketelitian dalam melakukan setiap
pekerjaan
b.Sangat penting menguasai dan memahami rangkaian
c.Masih perlu latihan lagi
|
|
analisis hasil praktik gimana pak?
BalasHapus